Informasi Umum

Cara Mengatasi Blank Screen Halaman Web pada CMS WordPress

Saat membuka domain CMS wordpress self hosted Anda, tiba-tiba Anda mendapati halaman putih saja. Tidak ada tulisan error atau apa, hanya warna putih saja. Itulah yang dimaksud dengan BLANK SCREEN.

Penyebab blank screen umumnya karena plugins yang crash ataupun karena masalah pada themesnya. Untuk itu, mari kita deteksi masalahnya ada dimana terlebih dahulu.

Coba cara berikut.

1. Cek folder PLUGINS

Login ke cpanel, lalu klik FILE MANAGER. Setelah itu masuk ke folder /public_html/wp-content/…..Kemudian ubah permission folder “plugins” menjadi “0000“, lalu klik “SAVE“.

Setelah klik tombol “SAVE“, silahkan coba akses kembali wordpress Anda yang blank tadi. Jika ternyata sudah tidak blank, ITU ARTINYA MEMANG ADA MASALAH DI SALAH SATU ATAU BEBERAPA PLUGIN-NYA. Selanjutnya bisa ke nomor 2….

Jika ternyata tetap blank, kemungkinan ada masalah di themesnya. Silahkan coba hapus themes yang digunakan sekarang, lalu login ke dashboard (wp-admin) dan ganti dengan themes default dari wordpress.

2. Kembalikan hak akses folder PLUGINS
Ubah kembali permission folder “plugins” menjadi “0755“, lalu masuklah ke folder tersebut. Saat ini jika Anda buka domain Anda, kemungkinan akan blank lagi.

Sekarang, cobalah mengubah permission/hak akses folder masing-masing plugins satu persatu. Mulailah dari plugins yang berat hingga yang ringan, atau urutkan saja dari atas. Ketika mengubah permission folder plugins A misalnya, silahkan langsung cek domain Anda apakah tetap blank atau tidak. Jika tetap blank, berarti plugins tersebut bukanlah “tersangkanya“. Ubah kembali permission plugins A ke semula, lalu lanjutkan terus langkah tersebut ke plugins B, C, D dan seterusnya hingga Anda temukan tidak blank lagi. Jika ada plugins E misalnya yang Anda ubah permissionnya jadi “0000” ternyata domain Anda tidak blank lagi, berarti plugins tersebutlah yang menyebabkan crash. Silahkan hapus plugins tersebut atau biarkan saja permissionnya jadi “0000”.

Di sini saya hanya menjelaskan langkah cepatnya saja. Jika Anda ingin tetap menggunakan plugins yang crash tersebut, silahkan coba download versi terbaru ataupun tanyakan ke developer maupun forum.

Semoga membantu.
Terimakasih.

Post Comment

Read more:
Cara melakukan Transfer Domain

Transfer/Perpanjang domain Anda di Aditif.net sekaligus pindah hosting Kontak penyedia...

Cara Uninstall CMS di Softaculous

Jika anda melakukan instalasi CMS menggunakan Softaculous, sebaiknya lakukan uninstall...

Cara Mudah Upload Downlod dg Metode Secure Copy SSH

Berikut adalah Cara Mudah Upload Downlod dg Metode Secure Copy...

Close