Tanya Jawab

Cara Upload dengan aplikasi FTP client

Nah, ini adalah cara mudah untuk melakukan upload web dengan FTP client.

O’ ya, mungkin dari kalian ada yang belum tahu apa itu FTP? …dan apa itu FTP client? Sekalian apaan sih FTP server itu…?

1. FTP adalah salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
2. FTP client atau dalam bahasa Indonesia klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke server FTP.
3. FTP server (server FTP – Indo) adalah sebuah Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer (server) yang merespons perintah-perintah dari klien FTP.

Untuk dapat melakukan upload melalui FTP, kita bisa melakukan instalasi aplikasi/software FTP client semacam Filezilla, coreFTP, Gftp, Mucommander dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu bebas memilih aplikasi mana yang kamu suka. Masing-masing punya User interface yang mungkin sedikit berbeda dengan lainnya, tapi mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk upload dan download data dengan mudah.

Silahkan lakukan instalasi aplikasi klien FTP tersebut hingga sukses. Perhatikan step-by-step saat instalasi. Proses instalasi masing-masing aplikasi tersebut juga mudah dengan kalimat yang mudah dipahami oleh bahasa manusia. Jangan sampai salah melakukan instalasi hanya gara-gara salah klik karena tidak membaca dialog box yang muncul.

Tutorial cara upload dengan FTP client berikut ini menggunakan software Core-FTP.

Setelah selesai melakukan instalasi, silahkan ikuti tutorial ini.

1. Cara login dari FTP client ke FTP server via core-FTP.

a. Bagi kamu yang klak-klik sembarangan dan bingung tampilannya kok beda… Silahkan klik ikon Site Manager disebelah kiri atas seperti pada gambar. Bagi kamu yang sudah berada pada form Site Manager, silahkan menuju keterangan 1b.

b. Isi form berikut sesuai dengan akun FTP server atau akun Cpanel kamu.
Contoh:
– Site Name: demo.aditif.net
– Host/IP/URL: demo.aditif.net
– Username: demo
– Password: [RAHASIA :p]
– Port: 21 atau sesuai keterangan dari penyedia server hosting
– Timeout: 60
– Retries: 2
– Aktifkan Retry ON
– [Opsional] Aktifkan PASV
– [Opsional] Connection: FTP atau sesuai keterangan dari penyedia server hosting

Selesai, Klik Connect.

2. Masuk ke direktori public_html di server.

Perhatikan keterangan error/warning/success untuk mengetahui apakah login FTP gagal atau sukses. Jika gagal, silahkan cek ulang konfigurasi FTP. Jika sukses silahkan double click direktori public_html.

3. Pilih data yang ingin di-upload dari klien ke server.

 Perhatikan keterangan berikut.
1. Pilih [Blok] semua data yang ingin di-upload ke server.
2. Klik ikon Upload.
3. Lihat proses upload, kemungkinan gagal upload lebih besar jika data yang diupload sangat banyak. Saran: kompres data agar bisa 1x upload selanjutnya ekstrak via File Manager di server.
SELESAI
Cara ini sangat efisien digunakan untuk melakukan update beberapa file skrip web ke server. Jika ingin melakukan upload dalam ukuran besar, sebaiknya kompres data dalam tipe .zip, .tar, .tar.gzatau .tar.bz2 yang nantinya dapat diekstrak di server. Awas, jangan salah kompres dengan ekstensi .rar, karena tidak semua server hosting bisa melakukan ekstrak .rar.

Post Comment

Read more:
WHMCompleteSolution License Information

WHMCS demo panel WHMCS adalah software bisnis berbasis website untuk...

Pergantian IP Name Server Spirit.Aditif.Net

Proses penggantian server telah selesai dan penggantian alamat IP server...

Cara mengatasi session_register() is DEPRECATED

Kasus: Bagaimana cara mengatasi session_register() is DEPRECATED pada PHP 5.3...

Close