Panduan CpaneL

Gambar tidak tampil dan link tidak bisa dibuka setelah di-upload ke server?

Setelah anda meng-upload file website ke server, lalu anda coba mengaksesnya melalui web browser website dapat terbuka tapi beberapa gambar tidak tampil. Hanya muncul kotak kosong dimana seharusnya gambar berada. Kemudian anda coba klik link/tautan yang ada pada website anda, sebagian ada yang bisa dibuka tapi ternyata ada beberapa tautan/link yang tidak dapat dibuka! Kenapa ini?

Mari kita analisa apa penyebab hilangnya gambar dan tidak terbukanya link website, padahal anda sudah yakin seluruh file website sudah di-upload ke server hosting.

1. Cek Nama File

Server Aditif.Net menggunakan sistem operasi Linux yang membedakan penulisan huruf besar dan huruf kecil pada nama file. Pastikan bahwa penulisan nama gambar dan atau link website anda sama persis dengan nama file lengkap dengan ekstensi filenya. Jadi jika anda menuliskan nama gambar gambar.jpg, pastikan nama file yang anda upload mempunyai nama yang samagambar.jpg, bukan Gambar.jpg atau gambar.JPG atau yang lain. Cek juga untuk link jika anda menuliskan link ke profil.htm pastikan juga nama file yang anda buat adalah profil.htm, bukanProfil.htm atau profil.HTM atau bahkan profil.html atau kesalahan penulisan yang lain.

2. Cek Direktori File

Berikutnya jika penulisan nama file dan pemanggilannya sudah benar, tapi ternyata gambar masih belum muncul dan link/tautan belum bisa dibuka, mari kita cek letak penyimpanan file. Pastikan jika anda menyimpan file gambar dalam direktori/folder gambar, maka nama lokasi direktori/folder harus anda sertakan dalam pemanggilannya dalam kode web. Begitu juga dengan link/tautan, pastikan letak file juga anda tuliskan kecuali jika file tersebut 1 level (berada dalam folder yang sama) dengan file web induk. Lain lagi jika anda memberikan link/tautan keluar. Anda tidak dapat menuliskan hanya dengan www.namadomain.tld. Anda harus menuliskan secara lengkap dengan protokolnya menjadi http://www.namadomain.tld atauhttps://www.namadomain.tld atau http://www.namadomain.tld:8080 sehingga domain langsung dapat terbuka ketika pengunjung meng-klik link tersebut.

3. Hak akses (Permission) File/Folder

Untuk hak akses, pastikan untuk folder mempunyai hak akses 755 dan untuk file mempunyai hak akses 644. Jika sudah benar, anda akan dapat mengakses file tersebut melalui browser dengan menuliskan alamat lengkap dengan nama file dan ekstensinya.

4. Gambar Menggunakan Skrip PHP

Jika file gambar menggunakan skrip PHP untuk menampilkannya, periksa kembali skrip PHP tersebut. Kemungkinan skrip PHP untuk menampilkan gambar menggunakan fungsi readfile()yang memang diblokir di server kami demi alasan keamanan. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan echo file_get_contents(); yang relatif lebih aman.

Demikian beberapa cara menganalisa kenapa gambar di website Anda tidak bisa muncul dan link/tautan tidak dapat dibuka di browser. Dengan sedikit pengetahuan teknis, beberapa masalah di atas bisa diselesaikan.

Jika Anda kurang mengerti hal-hal teknis, silahkan hubungi kami agar dibantu untuk menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Salam Sukses,
Aditif.Net

Post Comment

Read more:
Layanan Jasa Pembersihan Malware berbahaya

Berikut adalah varian Malware berbahaya lainnya. File yang berisi Malware...

Cara Uninstall CMS di Softaculous

Jika anda melakukan instalasi CMS menggunakan Softaculous, sebaiknya lakukan uninstall...

Cara mudah menaikkan trafik blog yang turun akibat ganti domain

Topik kali ini adalah tentang cara menaikkan trafik blog yang...

Close