VPS & Dedicated Server

Teknologi Virtualisasi Server OpenVZ

VPS = Virtual Private Server
VDS = Virtual Dedicated Server

VPS atau juga disebut VDS merupakan teknologi virtualisasi server. Teknologi VPS memungkinkan satu server fisik (Dedicated Server/DS) dibagi menjadi beberapa Server Virtual didalamnya. Setiap VPS bekerja seperti layaknya sebuan sistem server dimana bisa mengatur sendiri dari init script, pemrosesan, sistem file dan lain-lain.

Untuk implementasi VPS umumnya digunakan OpenVZ yang merupakan basis pengembanganVirtuozzo. OpenVZ dikembangkan oleh komunitas opensource yang didukung oleh Parallels, Incyang merupakan vendor Virtuozzo. OpenVZ ini adalah virtualisasi berbasis teknologi virtualisasi level OS dan berbasis kernel dan Sistem Operasi Linux.

OpenVZ mempunyai beberapa batasan jika dibandingkan dengan teknologi virtualisasi lainnya seperti Xen, Vmware. OpenVZ hanya dapat menggunakan sistem operasi Linux dan kernel pada sistem operasi ‘guest’ mengikuti kernel pada sistem operasi ‘host’. Namun demikian OpenVZ mengklaim mempunyai kelebihan dari sisi kinerja yang lebih cepat yang hanya selisih kinerja 1-3% dibandingkan dengan server stand-alone. Dan kelebihan lainnya tentunya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk implementasi VPS menggunakan OpenVZ karena OpenVZ bersifat gratis dg lisensi publik GNU GPL.

Post Comment

Read more:
Pengertian permalink dan konfigurasi pada file .htaccess serta contoh permalink WordPress

Permalink sebenarnya singkatan dari Permanent Link, yaitu suatu URL atau...

Ini Kode Malware atau Kode Javascript WordPress?

Berikut adalah varian Malware sesuai informasi yang kami dapatkan dari...

CSS3 Online Gradient Generator

Ini adalah cara alternatif dalam membuat gradient yang lengkap dengan...

Close